Search Result

Text

Indonesia menuju 2045 : catatan Kompas : wacana menuju sejahtera bersama


Buku ketiga dari tiga bulu Menuju Indonesia 2045 ini adalah catatan jurnalistik wartawan dan peneliti Kompas dalam usaha menyalakan optimisme bangra menyongsong seabad Indonesia merdeka. Warnanya begitu pelangi untuk melukiskan kompleksitas persoalan dan tan tangan yang dihadapi, sekaligus memberikan gambaran masa depan Indonesia, yang diyakini akan menjadi negara besar dan rakyatnya pun sejahtera.
Selain tantangan dan harapan, nilai persatuan sebagai bangsa yang bhinneka dimunculkan dalam balutan solidaritas sebagai penopang utama agar Indonesia terus bergerak maju. Bonus demografi juga diulas dengan dibarengi peningkatan kualitas SDM guna membangun ekonomi inklusit, masyarakat digital, dan kontinuitas pembangunan berwawasan lingkungan. Bonus demografi harus dapat menumbuhkan kemudahan wirausaha agar menjamin lapangan pekerjaan dan penda patan pajak.
Pembangunan berbasis efisiensi sumber daya dengan pola konsumsi dan produksi berkelanjutan perlu memasukkan biaya lingkungan dan sosial yang butuh kualitas kerja sama dan konservasi. Penurunan emisi gas rumah kaca dan keta hanan energi dari sumber energi ramah lingkungan harus jadi perhatian. Maka, dibutuhkan penguasaan iptek untuk inovasi yang akan dipakai oleh industri. Inovasi ini perlu investasi yang konsisten, terintegrasi, dan terarah.
Semua itu harus berjalan seiring dengan investasi kesehatan, khususnya kesehatan jiwa Sehebat apa pun kemampuan kog niti dan penguasaan teknologi dengan produktivitas tinggi tak akan berguna jika tanpa kesehatan jiwa. Maka kita perlu berbenah, tumbuh seraya bertransformasi untuk melahirkan SDM tanggih demi merengkuh Visi Indonesia 2045.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (900) LEN 959.8 IND
000137696
Currently On Loan (Due on 2024-07-11)
#
Perpustakaan Kemendikbud (900) LEN 959.8 IND
000137697
Available
Detail Information
Series Title
Indonesia Menuju 2045
Call Number
LEN 959.8 IND
Publisher
Jakarta : Penerbit Buku Kompas.,
Collation
xxiv, 282 p.: ill.; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233461696
Classification
959.8
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment