Search Result

Text

Perempuan dan literasi digital : antara problem, hambatan dan arah pemberdayaan


Buku ini memberikan gambaran tentang perempuan yang kurang mendapatkan manfaat dari teknologi yang berkembang. Kesenjangan digital yang dialaminya telah menyebabkan perempuan terbelakang dalam berbagai aspek kehidupan dibandingkan dengan laki-laki. Faktor eksternal yang berasal dari lingkungan dan faktor internal yang berasal dari dalam diri perempuan membatasi perempuan dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi.

Dalam mengentaskan kesenjangan digital yang dialami perempuan, para penulis buku ini memandang penting literasi digital. Literasi ini tidak hanya bersentuhan dengan keterampilan teknis dalam mengakses media digital, namun juga berkaitan dengan kompetensi kritis dalam mengevaluasi konten.

Dalam mendiskusikan literasi digital, para penulis menunjukkan integrasi antara literasi digital dengan bentuk-bentuk literasi yang lain. "Literasi-substansi" yang berkaitan dengan pengetahuan tentang feminisme, pemasaran dan periklanan, finansial, dan sebagainya, dipercaya meningkatkan kemampuan perempuan dalam menggunakan teknologi digital, juga meningkatkan kapasitas perempuan dalam menavigasi teknologi.

Dalam mewujudkan perempuan yang terliterasi, kerja sama berbagai pihak merupakan hal penting. Perempuan juga diharapkan lebih proaktif, tidak saja sebagai objek, namun juga sebagai subjek dalam program-program literasi digital.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 303.4833 PER
000156182
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 303.4833 PER
000156183
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 303.4833 PER
Publisher
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.,
Collation
xxxii, 321p. : ill., 22 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786023869503
Classification
303.4833
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment