Search Result

Text

Reformulasi kebijakan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan


Lalu Lintas dan Angkutan Jalan memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum. Sebagai bagian dari sistem transportasi nasional, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan perlu mendapatkan perhatian Pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya tertib berlalu lintas yang aman, nyaman, terjangkau, dan efisien. Melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, negara berupaya mewujudkan keamanan, kesejahteraan, dan ketertiban berlalu lintas dan angkutan jalan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, otonomi daerah, serta akuntabilitas penyelenggaraan negara.

Setelah satu dasawarsa pelaksanaan UU tentang LLAJ, masih ditemui berbagai permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan, baik dari aspek regulasi, kelembagaan, pemeliharaan jalan, perizinan, maupun penegakan hukumnya. Kompleksitas permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan menjadi salah satu faktor penyebab masalah yang perlu dibenahi. Dinamika dan perkembangan masyarakat yang dipengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berdampak pada perubahan pola perilaku masyarakat dalam bertransportasi. Pemanfaatan teknologi komunikasi di bidang transportasi oleh masyarakat menjadi suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindarkan.

Buku ini memberikan informasi terkait penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan mengupas sisi permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan dari berbagai perspektif hukum.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 388 REF
000156838
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 388 REF
Publisher
Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.,
Collation
xvi, 201 halaman ; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233210584
Classification
388
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment