Search Result

Text

Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan : menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontektual dan futuristik


Semakin tingginya kasus amoral/asusila yang terjadi di Indonesia, mulai dari korupsi, kolusi, penggunaan narkoba, sampai dengan tawuran merupakan fenomena sosial yang mengundang keprihatinan. Dalam kondisi seperti ini, dunia pendidikan menjadi sorotan. Pendidikan dinyatakan telah gagal mencetak generasi yang cerdas secara intelegensi, emosional, dan spiritual. Masalah ini seharusnya bukan dijadikan wacana perdebatan untuk menentukan siapa yang salah dan siapa yang harus bertanggung jawab, namun harus menjadi bahan pemikiran untuk mencari solusi tepat sebagai upaya mengatasinya. Bagi sektor pendidikan, sudah saatnya membuatnya inovasi cerdas dalam sistem pendidikan. Suara kepedulian yang meneriakkan pentingnya diangkat kembali pendidikan moral dan budi pekerti yang sebaiknya diintegrasikan menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sepertinya harus menjadi perhatian. Lalu, apa dan abgaimana sistem pembelajaran budi pekerti yang tepat untuk diterapkan di Indonesia tercinta ini? Buku yang ditulis oleh Dra. Nurul Zuriah, M.Si. ini menjawab pertanyaan tersebut, yaitu dengan memberikan pemahaman tentang pendidikan moral dan budi pekerti beserta detail pelaksanaannya, antara lain hakikat dan substansi pendidikan budi pekerti, platform pendidikan moral dan budi pekerti, urgensi pendidikan budi pekerti dan PKn di masa kini, menggagas pendidikan budi pekerti di masa depan, dan seabgai orientasi praktis dibahas kurikulum berbasis kompetensi pendidikan budi pekerti dari tingkat SD sampai SMA.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 370.114 ZUR
Publisher
Jakarta : Bumi aksara.,
Collation
viii, 268 hlm.: ill.; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789790101692
Classification
370.114
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment