Search Result

Text

Jaring pengaman digital: kesejahteraan rakyat dan hak warga negara di era disrupsi disertai 29 rekomendasi kebijakan konkret


Disrupsi digital telah mengubah pola kerja dan kegiatan ekonomi. Bisnis konvensional menghilang. Kebutuhan lapangan kerja berubah. Risiko hidup pun semakin tinggi. Masyarakat Indonesia yang masih didominasi pekerja informal dan serabutan sangat rentan terhadap disrupsi, meskipun di saat yang sama mereka adalah pengguna terbesar teknologi digital. Untuk itu, konsep negara kesejahteraan (welfare state) sebagai jaring pengaman sekaligus pendorong konsumsi masyarakat perlu dikaji ulang. Tidak hanya itu, hak-hak dasar warga negara perlu disegarkan agar lebih relevan dengan konteks digital.

Buku Jaring Pengaman Digital ini dimulai dengan pembahasan mengenai wajah baru Indonesia yang urban, milenial, dan digital. Kondisi masyarakat tersebut menjadi fondasi untuk melihat secara historis konsep negara kesejahteraan sejak era kemerdekaan, untuk kemudian mengusulkan hak-hak baru bagi masyarakat digital. Beberapa putusan di Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung juga dibahas untuk menunjukkan perdebatan konstitusionalitas dan legalitas. Buku ini akan menjadi awal untuk membuka diskusi dan implementasi digital welfare state di Indonesia masa depan.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 362 SUL
000151309
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 362 SUL
000152020
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 362 SUL
Publisher
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.,
Collation
332 p. : ill. ; 14 x 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020648552
Classification
362
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment