Search Result

Text

Makroekonomi Islam: suatu pengantar


Beberapa negara Muslim sedang mengarahkan pembangunan ekonominya menuju pada upaya menggunakan sistem ekonomi Islam yang bebas Bungan dan mulai meninggalkan praktek ekonomi Berat yang mengedepankan bunga. Melihat kecenderungan ini maka analisis ekonomi dalam konteks paradikma ekonomi makro Islam mengarah pada system ekonomi, ekonomi moneter, ekonomi fiscal, ekonomi pembangunan, bahkan sampai pada formula keseimbangan umum ekonomi.
Di dalam buku ini dikaji model makroekonomi yang berkaitan dengan formula general equilibrium (keseimbangan umum). Model makroekonomi keseimbangan umum dipandang penting untuk mengevaluasi dampak kebijakan moneter dan fiscal dalam bidang ekonomi. Aspek ini tidak pernah mendapatkan perhatian serius dari ahli ekonomi Muslim. Studi ini barangkali sebagai awal menuju pengembangan model keseimbangan umum dalam system ekonomi Islam.
Selain itu, buku ini membahas aspek-aspek lain dalam makroekonomi Islam, mulai dari system, mahzab, peran pemerintah, pendapatan nasional, penyesuaian model klasik dalam makroekonomi Islam, masalah-masalah ekonomi makro, masalah uang, pendekatan pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, pembangunan ekonomi di Negara-negara Muslim di dunia sampai pada perdagangan internasional dan kurs mata uang dalam makroekonomi Islam.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (200) LEN 297.273 MUH
000152008
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (200) LEN 297.273 MUH
000152021
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 297.273 MUH
Publisher
Yogyakarta : UPP STIM YKPN.,
Collation
iii, 338 p.: ill ; 24,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237845010
Classification
297.273
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
cet. 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment