Search Result

Text

Mengkhianati pembangunan desa : perubahan sosial akibat penambangan pasir "illegal" di tengah trend pembangunan infrastruktur


Kemana arah perubahan sosial pedesaan? Terutama untuk kasus tumbuhnya penambangan pasir rakyat yang massif selama booming pembangunan infrastruktur? Perlu dicari istilah yang general untuk kondisi itu, tetapi secara empirik akan terjadi proses “keterlemparan” massal dari pusaran ekonomi. Konsep “menghianati” pembangunan istilah yang kami pilih sementara untuk menggambarkan proses sosial tersebut.

Thesis bahwa desa selalu “korban” pembangunan tetap mendapatkan bukti empirik bahkan lebih parah di tengah meningkatnya gairah “mengotonomkan” desa. Apakah kondisi ini karena lemahnya desa sebagai entitas otonom? Ataukah memang desa sebenarnya bukan institusi sosial asli yang mampu melahirkan ketangguhan sosial!

Buku ini mengajak para peneliti, penggiat, juga mungkin para birokrasi desa dan para aktivis untuk merenungkan kembali posisi desa, tetap dianggap sebagai institusi pelayanan sosial terendah dan administratif, ataukah fungsi-fungsi koordinatif yang lebih realistis. Perlu dicari definisi level agregasi sosial yang lebih hidup dari institusi sosial terkecil masyarakat agar kuat menghadapi tekanan dari luar sebagaimana dulu desa kita anggap demikian. Kasus perubahan social desa tambang ini memberikan gambaran pada kita bahwa desa tak “berkutik” menghadapi berbagai tekanan dari luar sehingga perlu dicari level dan bentuk gerakan sosial baru. Semoga memberi inpirasi semua untuk bergerak dan berubah. Walllohualam!


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 307.142 MEN
000152483
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 307.142 MEN
000152482
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 307.142 MEN
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xv, 250 p. : ill. ; 15.5 x 23.5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232962118
Classification
307.142
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment