Search Result

Text

Teknologi pupuk dan pemupukan ramah lingkungan


Pemupukan merupakan salah satu bagian penting dalam pemeliharaan tanaman. Nutrisi mineral yang ada di tanah akan diserap oleh akar tanaman, sehingga tanaman dapat memberikan produksi yang optimal. Akan tetapi, nutrisi yang ada di tanah secara bertahap akan hilang akibat diserap tanaman, tercuci, dan terbawa oleh limpasan permukaan, sehingga nutrisi tersebut perlu untuk dicukupi kembali. Pupuk menjadi solusi untuk menyuplai kembali nutrisi yang hilang dengan jumlah yang tepat.

Tidak jarang pemenuhan nutrisi melalui pemupukan tidak diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini menimbulkan dampak buruk yang tidak hanya menurunkan produktivitas pertanian, tetapi juga membahayakan keberlanjutan lingkungan hidup. Residu pupuk kimia yang berlebih cenderung merusak kualitas sifat fisik, kimia, dan biologi tanah secara simultan. Oleh karena itu, upaya pemupukan yang ramah lingkungan perlu untuk dilakukan dengan menguatkan pemahaman konseptual dan praktikal yang tidak lagi berfokus kepada pertanian yang intensif.

Buku Ajar Teknologi Pupuk dan Pemupukan Ramah Lingkungan mcnghadirkan jawaban dan beragam masalah pemupukan yang kerap terjadi saat ini. Buku ini memuat materi terkait dengan produktivitas pertanian, manajemen pemupukan N, P, dan K yang efektif, serta pemupukan unsur hara micro yang ramah lingkungan. Selain itu, buku ini juga akan mengupas tuntas cara perhitungan pupuk anorganik dan organik yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dilengkapi dengan beragam contoh kasus dan pengayaan diri.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (600) LEN 631.8 TEK
000152490
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (600) LEN 631.8 TEK
000152491
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 631.8 TEK
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xviii, 164 p. ; 15.5 cm x 23.5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232963924
Classification
631.8
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment