Text
Jurnal Media Penelitian Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2011
penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : ( 1 ) mengetahui persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang calon guru bahasa inggris; ( 2 ) mengetahui bahwa motivasi memilih jurusan ( bahasa inggris ) merupakan salah satu unsur yang perlu dipertimbangkan dalam merancang model penerimaan mahasiswa baru. dan ( 3) merancang model penerimaan mahasiswa baru jurusan pendidikan bahasa inggris IKIP PGRI. Semarang. Instrument Penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian. sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa jurusan bahasa inggris yang dipilih secara acak 6 guru bahasa inggris di sekolah yang di tentukan. sekolah yang ditentukan meliputi 1 SMA Negeri. 1 SMA Swasta. 1 SMK Negeri. 1 SMK Swasta. 1 STM Negeri. Dan 1 STM Swasta. Penelitian ini dilaksanakan selama selama 1.5 bulan ( satu setengah bulan ). hasil penelitian menunjukan bahwa para pengguna masih merasa kurang puas dengan mahasiswa/ alumni IKIP PGRI Semarang. Hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian guru-guru pada 4 kopetensi mahasiswa/ alumni IKIP PGRI Semarang. Kopetensi tersebut meliputi Profesionalisme. pedagogik. sosial dan penampilan. hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa/ alumni IKIP PGRI Semarang masih dinilai kurang baik pada kopetensi pedagogik ( 33.3 % ) dan penampilan ( 16.7 % ). Hasil analisa kuesioner yang diisi oleh mahasiswa menunjukan bahwa motivasi memiliki hubungan yang kuat dalam meningkatkan hasil belajar. hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi motivasi mahasiswa memilih jurusan pendidikan bahasa inggris maka akan semakin tinggi hasil belajar yang dicapai. hasil penelitian tersebut mengarah pada rancangan yang model penerimaan mahasiswa baru jurusan pendidikan bahasa inggris di IKIP PGRI Semarang yang mempertimbangkan unsur motivasi sebagai salah satu faktor dalam merancang model mengoreksi kekurangan dan memperbaikinya dengan dimulai pada model peneriman mahasiswa baru jurusan bahasa inggris di IKIP PGRI Semarang.
No other version available