Search Result

Text

Kearifan lokal Komunitas Adat Banakeling dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di Desa Pekungen, Jatilawang, Banyumas


Komunitas adat Banakeling di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas merupakan anak putu (cucu) Kyai Banakeling. Mereka sampai saat ini masih melakukan kegiatan sifatnya ritual yang menjadi. kepercayaan dan keyakinannya. Meskipun mempunyai keyakinan berbeda bagi masyarakat Desa Pekuncen keberadaan mereka
tidak pernah ada masalah, karena sudah menjadi warga masyarakat Desa Pekuncen. Bila dilihat latar belakang sejarahnya masyarakat Desa Pekuncen hampir semua keturunan anak cucu Kyai Banakeling.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) latar belakang keberadaan Komunitas Adat Banakeling di Desa Pekuncen, 2) mitos dan ritual Komunitas Adat Banakeling, 3) kearifan lokal Komunitas Adat Banakeling dalam menjaga kelestarian lingkungan alam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan secara bertahap, yaitu diawali studi pustaka dan pra survei untuk membuat proposal. Kemudian penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terutama hasil wawancara dianalisis secara deskriptif dalam bentuk uraian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas adat Banakeling sudah mengenal atau mengetahui mengenai lingkungan alam, karena sejak nenek moyang sudah diajak berkebun dan bertani serta cara pengolahannya. Mereka mengenal lingkungan seperti tumbuhan atau pohon, sawah dan tegal. Komunitas dat Banakeling dalam mengolah lahan sawah maupun tegal secara tradsional dan modern. Secara tradidional ini merupakan kearifan lokal yang dilakukan secara turun temurun, sedangkan secara modern sudah menyesuaikan lingkungan. Komunitas Adat Banakeling dalam menjaga kelestarian lingkungan alam antara lain tidak sembarang memotong phon yang menjadi larangan atau mitos, mengolah lahan tegal dengan terasering, pemupukan tanaman dengan pupuk kandang dan melakukan ritual berupa sesaji. Selain itu, Komunitas Adat Banakeling dan masyarakat Desa Pekuncen melarang dan menolak investor yang akan melakukan penambangan Karena akan merusak lingkungan alam. Upaya pelestariannya adalah melindungi, memanfaat dan mengembangkan serta pembinaan yang dilakukan dengan kearifan lokal secara turun temurun.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LR 306.4 SUK
000152633
Available but not for loan - No Loan
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LR 306.4 SUK
000152632
Available but not for loan - No Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LR 306.4 SUK
Publisher
Yogyakarta : Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.,
Collation
VI, 122 p.: ill.; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237654278
Classification
306.4
Content Type
text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment