Search Result

Text

Pengolahan ekosistem kebudayaan masyarakat Desa Sekapuk, Gresik, Jawa Timur


Ekosistem dipahami sebagai tata interaksi yang saling menunjang antar berbagai makhluk hidup dan komponen
- komponen lainnya dalam suatu lingkungan. Masing-masing komponen menjaga dan mempertahankan keberadaan dan fungsinya, sehingga terjalinlah mata rantai kehidupan. Inti yang mencirikan suatu ekosistem adalah pola relasi antar komponen yang saling menunjang lingkungan tertentu. Selama terdapat keteraturan fungsi dan relasi, maka proses interaksi akan tetap relatif terkendali sehingga tetap terjadi "keseimbangan".

Ekosistem kebudayaan atau ekosistem objek pemajuan kebudayaan (dua istilah yang dipakai dalam UU No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan) merupakan tata interaksi yang saling menunjang antarpelaku, stakeholder, lingkungan (makrokosmos dan mikrokosmos) dan komponen - komponen (objek-objek) pemajuan kebudayaan dalam suatu lingkungan tertentu.

Pengelolaan kehidupan masyarakat merupakan nuansa relasi padu serasi antara manusia dengan sesama, manusia dengan alam, dan manusia dengan Sang Pencipta. Ketiga relasi tersebut terus dijaga keselarasannya dalam pengelolaan kehidupan bersama melalui ekosistem yang ditopang oleh rajutan komponennya masing-masing dan menghasilkan suatu kebijaksanaan atau kearifan dalam pengelolaan hidup bersama secara menyeluruh.

Pengelolaan ekosistem kebudayaan masyarakat Desa Sekapuk melibatkan seluruh komponen, yaitu Pemerintah Daerah Sekapuk dan warga masyarakat dari semua unsur dan tingkat keterlibatan. Mewujudkan kawasan bekas
penambangan bukit kapur menjadi kawasan wisata Setigi dibang un berdasarkan keterlibatan segenap masyarakat desa Sekapuk. Sebagaimana gotong royong, menabung dalam masyarakat Nusantara dapat ditelusuri jejaknya hingga zaman Majapahit pada abad ke-13 sampai 15 Masehi. Budaya menabung dan gotong royong menginspirasi dan merasuk dalam jiwa pemimpin desa dan warga masyarakatnya. Mereka bahu membahu mewujudkan mimpi perubahan dari desa tertinggal menjadi desa maju dan mandiri.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LR 390 LAR
000152622
Available but not for loan - No Loan
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LR 390 LAR
000152624
Available but not for loan - No Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LR 390 LAR
Publisher
Yogyakarta : Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.,
Collation
VI, 100 p.: ill.; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237654308
Classification
390
Content Type
text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment