Search Result

Text

Analisis deret waktu univariat linier teori dan terapannya dengan rstudio


Analisis Deret Waktu Univanat Linier merupakan buku ajar statistika yang membahas bagaimana dan hanya satu data deret waktu dapat digali dengan deskriptif dasar, pemodelan dan peramalan sehingga menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat. Deskriptif dasar menggunakan plot data deret waktu untuk menggali jenis pola, diagram pencar untuk melihat hubungan deret waktu dengan dirinya sendiri. Maksimum atau minimum, ukuran pemusatan rata rata dan ukuran penyebaran kisaran di mana statistik deskriptif sangat erat hubungannya dengan analisis lanjutan. Teori statistika tentang nilai harapan, variansi, kovariansi dan korelasi dibutuhkan untuk mencari karateristik model. Memodelkan antara data deret waktu sebagai peubah respon dengan waktu t sebagai peubah bebas dikenaI dengan model deterministik.

Jika memodelkan data deret waktu tersebut dengan beda waktu terhadap dirinya sendiri atau kesalahan masa lalu dikenal dengan model stokastik autoregressive moving average (APMA). Jika data deret waktu mengandung pola trend maka model regresi atau APIMA yang akan dipergunakan. Jika data deret waktu mengandung pola musiman maka model yang sesuai adalah model musiman harmonik atau model musiman APIMA. Model deter ministik dan stokastik APMA bersifat Iinier dengan ragam konstan. Secara teori dari model deterministik maupun model stokastik dapat dicari karateristik masing masing model. Dalam terapannya karateristik model tersebut dapat dipakai sebagai alat untuk identifikasi model.

Pendugaan parameter model menggunakan metode moment, metode kuadrat terkecil dan maksimum likelihood. Uji diagnostik sisaan model meliputi uji normalitas dan uji autokorelasi. Jika model sudah memenuhi kelayakan maka model dapat digunakan untuk peramalan. Bagaimana penerapan model model tersebut? Diberikan tahapan pemodelan dan contoh analisis menggunakan program tanpa bayar PStudio. Analisis data deret waktu menggunakan script dan luarannya diberi penjelasan dan interpretasi.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (500) LEN 519.5 KUS
000153290
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (500) LEN 519.5 KUS
000153291
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 519.5 KUS
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xix, 330 p. : ill ; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232965393
Classification
519.5
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment