Search Result

Text

Dinamika agribisnis era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity)


Masyarakat global akhir-akhir ini sedang fokus pada kajian VUCA dan dampaknya terhadap perekomian makro yang mendalam sampai di level kesejahteraan individu. VUCA merupakan singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity yang dikenalkan oleh kaum militer Amerika Serikat untuk menggambarkan situasi besar yang disebabkan oleh turbulensi konteks bisnis dan geopolitik di beberapa dekade. VUCA menjadi penyebab gangguan baik jangka pendek maupun jangka panjang terhadap keberlanjutan bisnis.
Turbulensi ini menyebabkan complexity dan ambiguity sehingga adanya peluang dan ancaman yang ditimbulkan sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu terjadi disrupsi yang berpotensi mengancam sektor yang berkontribusi besar terhadap perekonomian terutama di negara sedang berkembang termasuk Indonesia yang diperparah karena terjadinya pandemi Covid-19 terutama dalam menjamin ketahanan pangan di saat krisis akibat penurunan performa blsnis dan rantai pasok. Disisi lain ketahanan rantai pasok pada sektor agrobisnis terutama di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan mampu meningkatkan keunggulan kompetitif. Akibat pandemi Covid-19 gelombang pertama di Indonesia, penumbuhan PDB dan sektor agrobisnis hanya mencapal 0,06% sedangkan berdasarkan y.o.y sebelumnya dapat berkontribusi diatas 2%.
Kondisi ini diramalkan akan semakin kompleks kedepannya yang dapat mengancam sektor agrobIsnis, pada tahun 2030, diperkirakan industri protein hewani den nabati lebih murah 5 kali lipat dibandingkan harga saat ini, bahkan tahun 2035 harga bisa menurun 10 kali lipat melalui subtitusi produk modern hasil rekayasa yang lebih bergizi dibandingkan dengan protein aslinya sehingga eksistensi sektor agrobisnis akan terancam dan tidak mampu bertahan. Adanya disrupsi teknologi juga berdampak terhadap peningkatan teknologi sehingga merubah proyeksi sistem pangan masa depan seperti produksi makanan sintetis, smart farming, produk alternatif, nanoteknologi dan rekayasa genetika.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 338.1 INT
000153381
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 338.1 INT
000153382
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 338.1 INT
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
ix, 150 p. : ill. ; 24cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232964778
Classification
338.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment