Search Result

Text

Tepung buah dan sayur: pengolahan dan pemanfaatannya


Buah dan sayur adalah komoditas yang berlimpah jumlahnya di Indonesia, baik dari segi jenis maupun jumlahnya. Kehilangan pasca panen komoditas buah dan sayur mencapai lebih dari 20% karena tidak termanfaatkan pada saat panen raya. Salah satu upaya mengatasinya adalah dengan mengolahnya dalam bentuk kering seperti tepung buah dan sayur, yang dapat menjadi bahan utama suatu produk pangan atau ditambahkan sebagai ingredien makanan.
Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap kesehatan, menjadikan tepung buah dan sayur ini sebagai bahan pangan yang potensial untuk dikembangkan. Kandungan komponen kimianya yang nonnutrisi yang berefek terhadap kesehatan seperti serat, senyawa fenol, senyawa flavonoid dan pigmen menjadikan tepung ini sebagai pangan fungsional.
Bab-bab pada buku ini menjelaskan tentang (1) karakteristik buah dan sayur, termasuk karakteristik fisik, kimia dan kandungan senyawa bioaktif yang penting, (2) penanganan pasca panen buah dan sayur segarnya, (3) pengolahan pendahuluan sebelum pengolahan lanjutan, (4) teknologi pengolahan beberapa macam buah dan sayur menjadi tepung dan faktor-faktor yang mempengaruhi, (5) karakterisasi mutu tepung buah dan sayur, pengemasan dan penyimpanannya, dan (6) aplikasi pemanfaatan buah dan sayur dalam pembuatan produk minuman maupun makanan.
Buku ini diharapkan akan bermanfaat bagi pembaca, baik yang memiliki latar belakang keilmuan yang terkait dan juga masyarakat luas yang ingin memahami manfaat tepung buah dan sayur bagi kesehatannya.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 635 PUT
000153387
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 635 PUT
000153388
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 635 PUT
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xiii, 132 p. : ill. ; 24cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232965171
Classification
635
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment