Search Result

Text

Curcuma: botani dan lingkungan tumbuh


Senyawa kuning curcumin merupakan bagian dari antioksidan yang terkandung pada curcuma dan dikenal sebagai senyawa berkhasiat. Peningkatan hasilnya membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang botani dan respon fisiologi pada lingkungan tumbuhnya lingkungan tumbuhnya. Botani tanaman curcuma cukup menarik untuk dipelajari. Sebagai tanaman yang berumpun, curcuma memiliki batang semu yang tumbuh dari rimpang. Rimpang inilah yang mengandung senyawa berkhasiat berwarna kuning yang disebut curcumin. Dalam hal ini, lingkungan tumbuh yang sesuai sangat diperlukan untuk menghasilkan pertumbuhan dan hasil yang maksimal.

Lingkungan tumbuh yang dimaksud antara lain dipengaruhi oleh habitat, iklim, ketersediaan air dan unsur hara. Semua faktor lingkungan tersebut harus terintegrasi dengan baik, jika kondisi lingkungan kurang mendukung, maka perlu dilakukan beberapa teknik modifikasi lingkungan untuk rneningkatkan produksi dan kualitas rimpang curcuma, seperti irigasi, pengaturan kerapatan tanaman, pemupukan, pemulsaan dan beberapa kombinasi teknik modifikasi lain yang tujuan utamanya adalah meningkatkan hasil curcuma.

Buku ini mengupas tuntas tentang bagaimana menciptakan lingkungan tumbuh yang sesuai untuk meningkatkan hasil curcuma. Di dalamnya disertakan juga beberapa hasil penelitian empiris tentang modifikasi lingkungan tumbuh yang mendukung dalam peningkatan hasil dan kualitas curcuma.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 580 NIH
000155962
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 580 NIH
000155963
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 633.8 NIH
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xiii, 175 p. : ill ; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232966482
Classification
633.8
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment