Search Result

Text

Manajemen strategis agribisnis


MANAJEMEN STRATEGIS merupakan rangkaian proses perencanaan, implementasi serta evaluasi yang dirancang untuk menciptakan, mempertahankan atau meningkatkan keunggulan kompetitif. Perencanaan melibatkan pengembangan model bisnis, visi misi perusahaan, taktik kompetitif. strategi dan tindakan kolaboratif. Tahap implementasi membutuhkan kepemimpinan untuk mambangun struktur organisasi yang sesuai, mengembangkan budaya manajemen, mengendalikan isu strategis, dan mengarahkan organisasi melalui tata kelola perusahaan yang sistematis. Proses evaluasi dikaitkan dengan penilaian lingkungan eksternal dan internal.

SISTEM AGRIBISNIS merupakan transformasi atau evolusi dari sektor pertanian, yang mencakup subsistem usahatani (on-farm agribusiness), yang terintegrasi ke belakang (backward linkage) dengan subsistem agroindustri hulu (up-stream agro-industry); dan terintegrasi ke depan (onward linkage) dengan subsistem agroindustri hair (down-stream agro-industry): serta terintegrasi ke luar (outside linkgae) dengen subsistem jasa layanan pendukung (kelembagaan). Pada era disrupsi ini, telah terjadi perubahan intens dan masif pada pertanian global yang mengubah sistem dan tatanan bisnis dikarenakan adanya inovasi dan kreatifitas baru. Kondisi tersebut menghadirkan realitas pasar yang lebih kompleks, dinamis, dan kompetitif. Guna menghadapi perubahan diperlukan perspektif baru tentang praktik manajemen agribisnis. Dalam kajian Manajemen Strategis, strategi agribisnis dikategorikan sebagai penargetan dalam tiga dimensi: lingkungan eksternal, lingkungan internal, dan pembangunan berkelanjutan. Oleh karenanya, peran manajemen strategis yang sistematis dan komprehensif sangat penting dalam mengelola sistem agribisnis untuk mencapai target bisnis berkelanjutan dan berdaya saing global.

Menarik untuk dibaca, mengingat bagian awal buku ini berisikan Konsep Dasar Manajemen Strategis Agribisnis, Perumusan Visi dan Misi, bagaimana menganalisis Lingkungan Bisnis serta penerapan Strategi. Selanjutnya pada bagian tengah memuat tentang Analisis SWOT, Menganalisis Kompetitor serta membahas Riset dan Analisis Pasar. Sedangkan pada bagian akhir berisikan berbagai Penerapan Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Strategis Agribisnis.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 630.206 MAU
000155995
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 630.206 MAU
000155994
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 630.206 MAU
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xiv, 222 p. : ill. ; 24 cm.
Language
ISBN/ISSN
9786232966307
Classification
630.206
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment