Search Result

Text

Kewirausahaan dan ide kreatif


Kewirausahaan merupakan proses mengidentifikasi, memperluas dan mewujudkan visi menjadi realita. Visi yang dimaksud meliputi inovasi, kesempatan dan cara menjalankan usaha yang lebih baik. Wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai visi, melakukan tindakan out of the box dan inovatif serta melakukan cara-cara baru. Kewirausahaan merupakan proses menciptakan sesuatu dengan melakukan usaha, dan berani menanggung risiko keuangan.

Wirausahawan ada yang dihubungkan dengan istilah saudagar (pedagang). Seorang wirausahawan memiliki sifat pemberani, selalu menjadi problem solver yaitu selalu melakukan penyelesaian terhadap masalah yang ada. Seorang wirausahawan selalu melihat peluang yang ada dan menciptakan manfaat dan peluang yang ada, memiliki sifat kreatif, efisien, hemat, memiliki sifat kepemimpinan, dan memiliki rasa percaya diri. Seorang wirausaha harus mempunyai sifat dan kepribadian yang pantas yaitu berfikir positif, berjiwa kompetitif, hemat, menepati janji, menghargai waktu, kreatif, menjaga nama baik, memiliki semangat perubahan, menjaga penampilan dengan baik, mampu bekerjasama, memiliki jiwa pemberani, inovasi, keterampilan manajerial, kepemimpinan, berprestasi tinggi dan memahami struktur politik dan ekonomi.

Setiap wirausahawan harus membuat dan mengetahui latar belakang usaha atau bisnis yang akan dijalankannya. Wirausahawan juga dapat menganalisis bisnisnya menggunakan beberapa analisis, seperti analisis SWOT dan studi kelayakan usaha. Analisis SWOT diperlukan untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan. Studi kelayakan digunakan untuk menilai layak atau tidaknya suatu usaha. Wirausahawan dalam merancang Business Plan, juga harus mencantumkan analisis produk yang ditawarkan. Analisis dan strategi yang perlu dilakukan perusahaan antara lain, membuat merek dan slogan, membuat kemasan produk dan membuat proses produksi. Dalam Business Plan juga harus bisa mengelola sumber daya manusia, mengelola modal usaha, keahlian dan keterampilan.

Wirausaha bisa menggunakan Business Model Canvas (BMC) yaitu suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur, pelanggan dan keuangan. BMC diciptakan oleh Alexander Osterwalder pada tahun 2005. BMC ini menjadi salah satu strategi manajemen yang popular di kalangan bisnis.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 338.04 AND
000153997
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 338.04 AND
000153998
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 338.04 AND
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xiii, 189 p. : ill. ; 24 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232965652
Classification
338.04
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment