Search Result

Text

Pengantar ekonomi makro Islami


Ilmu Ekonomi yang tidak menghiraukan aspek kemanusiaan dan agama semestinya bukan menjadi acuan berpikir seorang ekonom muslim. Sistem ekonomi Islami sebagai ilmu ini sedang banyak dibahas. Dimana perkembangannya didasari oleh pemahaman terhadap Al-Qur’an dan Hadits yang bukan untuk menguasai atau menghegemoni namun bertujuan untuk menegakkan kalimat Allah dan memakmurkan dunia serta membebaskannya dari penguasa yang dzalim dan eksploitatif terhadap kehidupan.

Buku ini berusaha mengkaji kejadian ekonomi yang terjadi di dunia. Peristiwa ekonomi yang terjadi pun tidak luput dari kebenaran yang disampaikan Allah SWT dalam firman-Nya “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar” (QS. Ar-Rum: 41). Fenomena tersebut tldak hanya berlaku untuk kejadian alam semata, namun juga berlaku untuk kehidupan sosial antar makhluk hidup, salah satunya di bidang ekonomi, yang memperlihatkan bagaimana manusia mengikuti hawa nafsu sehingga bersifat serakah yang akhirnya menciptakan berbagai bentuk ketidakadilan sosial dan ekonomi.

Sebagai Buku Ajar, buku ini menggunakan bahasa yang mudah dlpahami oleh mahaslswa ekonomi secara umum. Buku ini berusaha membahas mengenai kondisi Slstem Ekonomi Saat Ini, dilanjutkan pembahasan terkait apa itu Sistem Ekonomi Islami, dan bagaimana Konsep Ekonomi Makro Islami dari berbagai ahli. Selamat membaca.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (200) LEN 297.273 MUT
000153453
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (200) LEN 297.273 MUT
000153454
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 297.273 MUT
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xv, 142 p. : ill ; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978232966642
Classification
297.273
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment