Search Result

Text

Rancangan pengukuran variabel angket dan kuesioner (pemanfaatan R)


Hasil penelitian harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah atau bersifat valid. Jika penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif, dipasfikan data hasil penelitian yang dianalisis harus akurat (baik). Data yang akurat juga pasti diperoleh dari proses pengukuran menggunakan kuesioner yang baik (valid dan reliabel). Sebaliknya kuesioner yang tidak valid dan reliabel pasti akan menghasilkan data yang tidak akurat, yang pada akhirnya hasil penelitian yang diperoleh tidak valid. Sehingga bagaimana merancang kuesioner agar valid dan reliabel merupakan hal yang sangat penting.

Walaupun buku ini merupakan buku ajar, namun isinya relatif mencukupi sebagai referensi bagi yang sedang belajar tentang bagaimana membuat instrumen penelitian, berupa angket dan atau kuesioner. Ulasan tentang bagaimana mengurai variabel laten menjadi dimensi, indikator, dan item diberikan secara sederhana. Hal ini penting kaitannya dengan validitas isi dan logis. Konsep menulis butir-butir pernyataan untuk merancang kuesioner diulas secara rinci dan dilengkapi dengan contoh- contoh, sehingga dihasilkan kuesioner yang valid dan relaiabel secara konstruks. Terkait dengan validitas dan reliabilitas dibahas mulai konsep dasar hingga evaluasinya (dilengkapi dengan contoh perhitungan). Perancangan angket dan kuesioner pada buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh, sehingga memudahkan pembaca dalam mempelajari cara membuat angket dan atau kuesioner.

Diharapkan buku ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa, dosen, peneliti dan siapa saja yang mempunyai kepentingan merancang angket atau kuesioner untuk penelitiannya. Buku ini bersifat praktis dan tidak mengulas konsep dan teori secara mendalam. Mahasiswa S1, S2, dan S3 serta peneliti pemula bisa memanfaatkan buku ini dalam kegiatan perancangan instrumen penelitian berupa angket dan atau kuesioner.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 001.42 RAN
000153442
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 001.42 RAN
000153441
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 001.42 RAN
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
x, 258 p. : ill. ; 24 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232965553
Classification
001.42
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment