Search Result

Sound Recording

Bioekologi tungau-tungau penting di bidang pertanian


Tungau atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai mite, merupakan binatang beruas (filum Arthropoda) yang termasuk ke dalam kelas Arachnida dan subkelas Acari. Selain tungau, di dalam subkelas Man juga terdapat golongan caplak (tick). Ilmu yang khusus mempelajari tentang tungau dan caplak disebut dengan Akarologi atau Acarologi.

Akarologi adalah ilmu yang luas yang mempelajari berbagai aspek Acari. Buku ini berfokus pada bioekologi tungau-tungau penting di dunia pertanian, terutama yang merupakan pemakan tumbuhan (fitofag). Beberapa jenis tungau juga merupakan hama gudang yang menginfestasi bahan-bahan simpanan. Namun, tidak semua tungau yang berasosiasi dengan bidang pertanian adalah spesies yang merugikan, beberapa di antaranya adalah binatang bermanfaat karena merupakan musuh alami dari tungau dan serangga fitofag, serta sebagai detritivora (disebut juga pengurai). Oleh sebab itu, buku ini juga mengulas bioekologi tungau predator dan tungau detritivora.

Bagian awai buku ini akan menjelaskan morfologi eksternal, sistem-sistem dalam tubuh, evolusi, dan sistematika Acari, agar pembaca mendapatkan pemahaman yang memadai akan terminologi-terminologi dalam Akarologi. Pada bab-bab selanjutnya akan dibahas tungau-tungau penting di bidang pertanian. Famili-famili penting tungau fitofag yang akan diuraikan meliputi Tetranychidae, Tarsonemidae, Tenuipalpidae, Eriophyiidae, dan Acandae. Famili penting tungau predator yang akan diulas adalah Phytoseiidae. Pada bab akhir buku ini akan dibahas kelompok Oribatida yang merupakan tungau detrilivora.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 632.9 BIO
000153463
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 632.9 BIO
000153464
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 632.9 BIO
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xvi, 224 p. : ill. ; 24cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232965935
Classification
632.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment