Search Result

Text

Statistik deskriptif


Statistik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai teknik maupun metode-metode yang digunakan untuk penelitian yang bersifat ilmiah agar diperoleh suatu analisis yang sesuai dengan pengamatan yang sebenarnya serta menghasilkan suatu ketajaman/akurasi dalam pengukuran nilai-nilai data yang dihasilkan. Di lain pihak statistik bukan hanya menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik, tapi juga berusaha menganalisis data yang ada serta mengambil/menarik kesimpulan dan menentukan sampai seberapa jauh kebenaran daripada kesimpulan yang sudah ada itu. Statistik pada dasarnya dibagi ke dalam 2 pokok masalah, yaitu:

a) Statistik deskriptif merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyajikan, menyusun maupun mengukur nilai-nilai data yang tersedia/terkumpul dari suatu penelitian, yang mana akhirnya nanti dapat diperoleh suatu gambaran yang jelas terhadap terhadap obyek yang diteliti baik sehingga mudah dimengerti oleh banyak orang. Statistik deskriptif ini merupakan suatu landasan analisis statistik yang cukup penting dalam mempelajari statistik induktif selanjutnya.

b) Statistik Induktif merupakan ilmu statistik yang mempelajari mengenai cara-cara dalam pengambilan/penarikan suatu kesimpulan suatu populasi, yang mana penarikan kesimpulan ini biasanya didasarkan pada data yang diperoleh dalam suatu bagian dari populasi tersebut (sampel) atau penarikan kesimpulan tersebut didasarkan pada suatu pengujian (test) yang dilakukan terhadap hasil observasi (pengamatan) sampelnya.

Dalam buku ini akan ditekankan pada statistik deskriptif yang tujuannya untuk menganalisis data kasar (hasil penelitian) ke dalam suatu penyajian maupun penyusunan data ke dalam bentuk yang lebih Sistematik sehingga berguna bagi peneliti tersebut maupun pengguna lainnya.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 519.53 SAL
000153986
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 519.53 SAL
000153985
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 519.53 SAL
Publisher
Yogyakarta : UPP STIM YKPN.,
Collation
viii, 202 p. : ill. ; 25 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237845508
Classification
519.53
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
ed. 2
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment