Search Result

Text

Ekonomi eksperimental


Ekonomi eksperimental adalah cabang ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam pengaturan laboratorium terkontrol atau di lapangan, bukan hanya sebagai model matematika. Ini menggunakan eksperimen ilmiah untuk menguji pilihan apa yang dibuat orang dalam keadaan tertentu, untuk mempelajari mekanisme pasar alternatif dan menguji teori ekonomi.

Ilmu ekonomi eksperimental digunakan untuk membantu memahami bagaimana dan mengapa pasar berfungsi seperti itu. Eksperimen pasar ini, yang melibatkan orang-orang nyata yang membuat pilihan nyata, adalah cara untuk menguji apakah model ekonomi teoretis benar-benar menggambarkan perilaku pasar, dan memberikan wawasan tentang kekuatan pasar dan bagaimana peserta menanggapi insentif — biasanya berupa uang tunai.

Buku Ekonomi Eksperimental karya Prof. Bambang Juanda ini menjelaskan bahwa ekonomi eksperimental bukan hanya menguji dan mengembangkan teori ekonomi, melainkan juga mengkaji dan mengevaluasi kebijakan sebelum atau sesudah diimplementasikan. Disajikan secara apik dengan ilustrasi yang menarik oleh pakar yang mumpuni di bidang statistika/ekonometrika, maka seyogyanya buku ini menjadi bacaan wajib bagi mahasiswa, peneliti, akademisi, dan para pengambil keputusan yang ingin mendalami isu ekonomi eksperimental.

Sebagai buku Experimentol Economics pertama di Indonesia yang menyajikan teori dan aplikasinya, buku ini sangat menarik dan dapat dijadikan acuan, tidak hanya untuk ka-langan akademisi, tetapi juga para pengambil kebijakan di Indonesia. Prof. Bambang Juanda yang telah lama menekuni bidang ini, mampu memberikan perspektif yang sangat mudah dipahami di dalam buku ini


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 330.0724 JUA
000156588
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud LEN 330.0724 JUA
000156587
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 330.0724 JUA
Publisher
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.,
Collation
xxix, 350p. : ill., 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020648651
Classification
330.0724
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment