Text
Literasi bahasa : pengembangan keterampilan membaca dan pembelajarannya : untuk guru, mahasiswa calon guru, kepala sekolah, widyaprada, widyaiswara, pengembang teknologi pembelajaran, dan masyarakat umum
Orang yang terampil membaca dapat dengan mudah memahami informasi dari berbagai bacaan yang dibaca. Informasi tersebut dapat berupa pengetahuan dan keterampilan. Sebaliknya, orang yang tidak terampil membaca biasanya terkendala dalam mendapatkan informasi yang akurat mengenai pengetahuan dan keterampilan. Akibatnya, orang yang tidak terampil membaca kurang dapat mengikuti perkembangan informasi terkini. Dengan perkataan lain, orang yang tidak terampil membaca akan ketinggalan zaman.
Dalam membaca, konsentrasi sangat diperlukan agar teks yang dibaca dapat dipahami dengan mudah. Konsentrasi merupakan hal pokok dan esensial yang diperlukan peserta didik ketika membaca (reading). Apabila seseorang dapat konsentrasi, kegiatan membaca yang dilakukan itu mencapai hasil yang diharapkan, yakni dapat memahami bahan bacaan yang dibacanya. Untuk itu, konsentrasi perlu dijaga agar pikiran tetap tertuju kepada bacaan yang dibaca. Jika hal itu terwujud, seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berliterasi bahasa. Kemampuan berliterasi itu dapat diterapkan dalam mempelajari berbagai hal. Oleh karena itu, keterampilan berliterasi bahasa perlu ditanamkan kepada anak sejak dini.
Buku ini ditulis untuk mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimal, khususnya literasi bahasa. Mudah-mudahan buku ini memberikan manfaat kepada para pembaca, khususnya pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua peserta didik.
No other version available