Search Result

Text

Keamanan makanan di instalasi gizi


Salah satu tuntutan dari masyarakat bahwa makanan yang disajikan haruslah makanan yang sehat, bergizi, dan aman dikonsumsi. Keamanan makanan harus terjamin, terutama bagi pasien yang dirawat di rumah sakit. Makanan yang aman ini adalah makanan yang “zero risk” yaitu makanan yang tidak mengakibatkan kejadian keracunan makanan yang akan berakibat fatal, serta telah memenuhi persyaratan keamanan makanan. Keamanan makanan ini merupakan syarat panting dalam penyediaan makanan bagi pasien rawat inap. Hal ini sebagai jaminan kepada pasien untuk mendapatkan makanan yang aman, sehat, dan terutama mernpercepat proses penyembuhan pasien rawat inap.

Instalasi gizi sebagai penyedia makanan bagi pasien rawat inap mempunyai komitmen untuk menyediakan makanan yang sehat dan aman sesuai dengan Permenkes RI no 78 tahun 2013 dan PP RI no 86 tahun 2019. Isu keamanan makanan di Instalasi gizi ini tentunya sangat penting untuk dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam penyediaan makanan di Rumah Sakit, terutama Ahli Gizi. Ahli Gizi Rumah Sakit dituntut untuk mempunyai kompetensi dalam memilih bahan makanan yang aman mulai dari proses perencanaan, pemesanan pernbelian, sampai dengan dapat mengolah makanan dengan cara yang baik dan benar. Pemahaman terkait keamanan makanan ini panting untuk ahli gizi yang bekerja di rumah sakit, sebagai salah satu bentuk komitmen jaminan mutu kepada pasien untuk menyajikan makanan yang smart.

Pada Buku Keamanan Makanan di Instalasi Gizi ini mengupas tuntas mulai dari pentingnya Keamanan Makanan di Rumah Sakit, cara pencegahan bahaya dan monitoringnya. Buku ini terdiri atas 6 bab yang meliputi pembahasan terkait: 1) Kemanan makanan. 2) Kontaminasi makanan. 3) Keamanan makanan pada setiap tahapan proses pengolahan. 4) Heatthcare-Associated Infection (HAI) yang ditransmisikan oleh penjamah makanan. 5) Analisis bahaya dan pengendalian titik kritis (HACCP). 6) HACCP pendekatan proses. Buku ini diharapkan juga dapat menjadi referensi bagi para Ahli Gizi maupun penjamah makanan yang bekerja tidak hanya di Rumah Sakit, tetapi juga pada industri penyelenggaraan makanan massal lainnya seperti katering, restoran, maupun hotel.


Availability
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 363.8 KEA
000153445
Available
#
Perpustakaan Kemendikbud (300) LEN 363.8 KEA
000153446
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
LEN 363.8 KEA
Publisher
Malang : UB Press.,
Collation
xiii, 139 p. : ill. ; 24cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232966604
Classification
363.8
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment